Tuesday, August 1, 2017

tips bermain media sosial yang aman

   Menggunakan media sosial sudah sangat lazim untuk kehdupan sehari-hari. Jumlah pengguna media sosial yang makin bertambah memuat setiap orang bisa berintraksi dengan satu sama lain, meski pun dengan jarak yang sangat jauh. Pengguna media sosial juga beragam dan memiliki kepentingan berbeda-beda pula.

   Bahkan orang yang gemar menggunakan media sosial yang memiliki berbagai keperluan dan untuk gaya hidup pasti nya memilki lebih dari satu akun disetiap jejaring media sosial. Ta hayal setiap orang akan menggunakan media sosial untuk berinteraksi. Tetapi apakah kalian tahu bagaimana cara kita bisa aman dalam menggunakan media sosial. Maksud dari "aman" ini adalah aman dari penipuan, peretasan dll.

  OK, kali ini DUNIA GADGET akan membahas tetang tips aman bermain media sosial lets goooo

Tips - Tips :

  1. Pastikan anda mengenali secara mendalam dengan siapa berinteraksi menggunakan media sosial, jangan terlalu mudah percaya dengan ajakan orang lain yang baru anda kenal.
  2. Jangan percaya dengan foto yang ada disalah satu akun sosial media yang tidak anda ketahui. Banyak pengguna media sosial dengan sengaja menggunakan nama dan foto palsu. Ini biasanya hanya untuk iseng iseng aja.
  3. Meskipun tidak berdekatan atau tidak saling kenal, tetap menjunjung etika, karena apapun yang kita diskusikan di sosial media semua orang bisa melihat. Bahasa tulis berbeda dengan bahasa lisan, sehingga gunakanlah tata bahasa yang baik dan tidak menimbulkan salah pengertian pihak lain. Karena ini akan menunjukan siapa diri anda yang sesungguhnya.
  4. Jangan lupa mencantumkan sumber ketika anda mebuat postingan, perhatikan soal hak cipta saat menyalin maupun menyebarkan tulisan, gambar atau video dari pihak/situs lain agar tidak ada tuntutan dikemudian hari dan bisa dipertanggung jawabkan.
  5. Pastikan postingan yang akan anda upload di media sosial milik anda tidak terkait SARA, karena jika ada yang tidak setuju dan tersinggung dengan postingan tersebut dengan mudah mereka melaporkan anda ke pihak berwajib.
  6. Tidak memproduksi maupun menyebarkan informasi palsu yang belum jelas sumbernya (HOAX) dan gambar/foto pornoaksi
  7. Jangan memberikan data diri Anda dengan mudah di sosial media, pastikan hanya data diri seperti alamat tempat tinggal saja yang anda tampilkan di akun sosial media milik anda. Sebab data diri bisa saja disalahgunakan pihak lain. 
  8. Jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Path, dan sebagainya baik untuk berdiskusi akan banyak hal, tapi gunakanlah secara bijak, atur waktu mengakses agar tetap produktif.
  Itu dia beberapa tips untuk bermain media sosial dengan aman. Selanjutnya terserah pada diri kalian dan gunakan secara bijak...

amad

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright @ 2015